Contoh soal matematika uts kelas 4 sd/mi semester 2

Contoh soal matematika uts kelas 4 sd/mi semester 2

Menguasai Matematika: Kumpulan Contoh Soal UTS Semester 2 untuk Kelas 4 SD/MI

Memasuki semester kedua di jenjang Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) kelas 4, siswa dihadapkan pada berbagai materi matematika yang semakin menantang. Ujian Tengah Semester (UTS) menjadi salah satu tolok ukur penting untuk mengevaluasi pemahaman mereka terhadap materi yang telah diajarkan. Persiapan yang matang, termasuk dengan berlatih soal-soal latihan, sangat krusial untuk membangun kepercayaan diri dan menguasai konsep-konsep matematika.

Artikel ini dirancang khusus untuk membantu siswa kelas 4 SD/MI serta para guru dan orang tua dalam mempersiapkan diri menghadapi UTS Matematika semester 2. Kita akan menyajikan berbagai contoh soal yang mencakup topik-topik penting yang umumnya diajarkan pada semester ini, dilengkapi dengan penjelasan singkat untuk membantu pemahaman. Dengan latihan yang konsisten, diharapkan siswa dapat menjawab soal-soal UTS dengan baik dan meraih hasil yang memuaskan.

Topik-Topik Utama yang Sering Muncul di UTS Matematika Kelas 4 SD/MI Semester 2:

Contoh soal matematika uts kelas 4 sd/mi semester 2

Sebelum masuk ke contoh soal, mari kita ulas kembali topik-topik utama yang umumnya menjadi fokus pada semester 2 kelas 4. Pemahaman yang baik terhadap setiap topik akan memudahkan dalam mengerjakan soal.

  1. Pecahan:

    • Membandingkan pecahan.
    • Menyederhanakan pecahan.
    • Menjumlahkan dan mengurangkan pecahan dengan penyebut sama.
    • Menjumlahkan dan mengurangkan pecahan dengan penyebut berbeda (dengan penyederhanaan).
    • Pecahan campuran dan pecahan biasa.
    • Soal cerita terkait pecahan.
  2. Desimal:

    • Mengenal nilai tempat desimal (perseratus, perseribu).
    • Mengubah pecahan menjadi desimal dan sebaliknya.
    • Membandingkan bilangan desimal.
    • Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan desimal.
    • Soal cerita terkait desimal.
  3. Pengukuran:

    • Satuan panjang: kilometer (km), hektometer (hm), dekameter (dam), meter (m), desimeter (dm), centimeter (cm), milimeter (mm).
    • Mengubah satuan panjang.
    • Satuan berat: kilogram (kg), hektogram (hg), dekagram (dag), gram (g), desigram (dg), centigram (cg), miligram (mg).
    • Mengubah satuan berat.
    • Satuan waktu: detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun.
    • Menyelesaikan masalah yang melibatkan pengukuran.
  4. Bangun Datar:

    • Mengenal jenis-jenis bangun datar: persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran.
    • Menghitung keliling bangun datar (persegi, persegi panjang, segitiga).
    • Menghitung luas bangun datar (persegi, persegi panjang).
    • Soal cerita terkait keliling dan luas.
  5. Statistika Sederhana:

    • Membaca dan menginterpretasikan data dalam bentuk tabel.
    • Membaca dan menginterpretasikan data dalam bentuk diagram batang sederhana.
    • Menentukan modus (nilai yang paling sering muncul).

Contoh Soal UTS Matematika Kelas 4 SD/MI Semester 2:

Mari kita mulai dengan contoh-contoh soal yang bervariasi, mencakup berbagai tingkat kesulitan dan tipe soal.

>

Bagian I: Pilihan Ganda

Petunjuk: Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D!

  1. Bentuk pecahan paling sederhana dari $frac1218$ adalah …
    A. $frac69$
    B. $frac46$
    C. $frac34$
    D. $frac23$

    Penjelasan: Untuk menyederhanakan pecahan, kita mencari Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dari pembilang dan penyebut. FPB dari 12 dan 18 adalah 6. Maka, $frac12 div 618 div 6 = frac23$.

  2. Hasil dari $frac37 + frac27$ adalah …
    A. $frac57$
    B. $frac67$
    C. $frac514$
    D. $frac614$

    Penjelasan: Karena penyebutnya sudah sama, kita tinggal menjumlahkan pembilangnya. $3 + 2 = 5$. Jadi, hasilnya $frac57$.

  3. Hasil dari $frac58 – frac18$ adalah …
    A. $frac48$
    B. $frac516$
    C. $frac40$
    D. $frac38$

    Penjelasan: Sama seperti penjumlahan, jika penyebutnya sama, kita kurangkan pembilangnya. $5 – 1 = 4$. Jadi, hasilnya $frac48$, yang bisa disederhanakan menjadi $frac12$. Namun, karena opsi tidak ada yang $frac12$, maka $frac48$ adalah jawaban yang tepat.

  4. Hasil dari $frac12 + frac14$ adalah …
    A. $frac26$
    B. $frac34$
    C. $frac24$
    D. $frac38$

    Penjelasan: Untuk menjumlahkan pecahan dengan penyebut berbeda, kita samakan dulu penyebutnya. KPK dari 2 dan 4 adalah 4. Maka, $frac12$ diubah menjadi $frac24$. Sekarang, $frac24 + frac14 = frac34$.

  5. Pecahan $frac35$ jika diubah menjadi bentuk desimal adalah …
    A. 0,3
    B. 0,5
    C. 0,6
    D. 0,8

    Penjelasan: Untuk mengubah pecahan menjadi desimal, kita bagi pembilangnya dengan penyebutnya. $3 div 5 = 0,6$.

  6. Bilangan desimal 1,25 sama dengan pecahan …
    A. $frac12510$
    B. $frac125100$
    C. $frac125$
    D. $frac125$

    Penjelasan: Angka 1,25 memiliki dua angka di belakang koma, artinya penyebutnya adalah 100. Jadi, 1,25 = $frac125100$.

  7. Jarak antara rumah Ani dan sekolah adalah 2 km 500 m. Jarak tersebut jika ditulis dalam kilometer adalah …
    A. 2,05 km
    B. 2,5 km
    C. 25 km
    D. 250 km

    Penjelasan: 500 m sama dengan 0,5 km (karena 1000 m = 1 km). Jadi, 2 km + 0,5 km = 2,5 km.

  8. Berat badan Budi adalah 35 kg. Berat badan Sinta adalah 32.000 gram. Siapa yang lebih berat?
    A. Budi
    B. Sinta
    C. Sama berat
    D. Tidak bisa ditentukan

    Penjelasan: Kita ubah gram ke kilogram. 1000 gram = 1 kg. Maka, 32.000 gram = 32 kg. Karena 35 kg > 32 kg, maka Budi lebih berat.

  9. Sebuah persegi memiliki panjang sisi 7 cm. Keliling persegi tersebut adalah … cm.
    A. 14
    B. 21
    C. 28
    D. 49

    Penjelasan: Keliling persegi = 4 x sisi. Jadi, 4 x 7 cm = 28 cm.

  10. Sebuah persegi panjang memiliki panjang 10 cm dan lebar 5 cm. Luas persegi panjang tersebut adalah … cm².
    A. 15
    B. 30
    C. 50
    D. 105

    Penjelasan: Luas persegi panjang = panjang x lebar. Jadi, 10 cm x 5 cm = 50 cm².

>

Bagian II: Isian Singkat

Petunjuk: Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

  1. Bentuk pecahan biasa dari $2 frac13$ adalah …
    Jawaban: $2 times 3 + 1 = 7$. Jadi, $frac73$.

  2. Hasil dari $frac49 + frac39$ adalah $frac…9$.
    Jawaban: $4 + 3 = 7$. Jadi, $frac79$.

  3. Hasil dari $frac710 – frac210$ adalah …
    Jawaban: $7 – 2 = 5$. Jadi, $frac510$, yang bisa disederhanakan menjadi $frac12$.

  4. Hasil dari $frac13 + frac16$ adalah …
    Penjelasan: KPK dari 3 dan 6 adalah 6. Maka, $frac13$ diubah menjadi $frac26$. Sekarang, $frac26 + frac16 = frac36$, yang bisa disederhanakan menjadi $frac12$.

  5. Bilangan desimal 0,75 sama dengan pecahan $frac…4$.
    Penjelasan: 0,75 = $frac75100$. Jika disederhanakan, $frac75 div 25100 div 25 = frac34$.

  6. 1 kilometer sama dengan … meter.
    Jawaban: 1000 meter.

  7. 500 cm sama dengan … meter.
    Penjelasan: 100 cm = 1 meter. Jadi, 500 cm = 5 meter.

  8. 1 jam 30 menit sama dengan … menit.
    Penjelasan: 1 jam = 60 menit. Jadi, 60 menit + 30 menit = 90 menit.

  9. Sebuah persegi panjang memiliki panjang 12 cm dan lebar 8 cm. Keliling persegi panjang tersebut adalah … cm.
    Penjelasan: Keliling persegi panjang = 2 x (panjang + lebar). Jadi, 2 x (12 cm + 8 cm) = 2 x 20 cm = 40 cm.

  10. Data nilai ulangan Matematika: 8, 7, 9, 8, 7, 8, 9, 8. Modus dari data tersebut adalah …
    Penjelasan: Modus adalah nilai yang paling sering muncul. Angka 8 muncul sebanyak 4 kali, angka 7 muncul 2 kali, dan angka 9 muncul 2 kali. Jadi, modus adalah 8.

>

Bagian III: Uraian

Petunjuk: Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat!

  1. Hitunglah hasil dari $frac23 + frac14$!
    Jawaban: Kita samakan penyebutnya. KPK dari 3 dan 4 adalah 12.
    $frac23 = frac2 times 43 times 4 = frac812$
    $frac14 = frac1 times 34 times 3 = frac312$
    Jadi, $frac812 + frac312 = frac1112$.

  2. Ibu membeli 2 kg gula pasir. Sebanyak 500 gram digunakan untuk membuat kue. Berapa sisa gula pasir Ibu dalam satuan kilogram?
    Jawaban:
    Kita ubah satuan beratnya agar sama.
    500 gram = 0,5 kg (karena 1000 gram = 1 kg).
    Sisa gula pasir = Berat awal – Berat yang digunakan
    Sisa gula pasir = 2 kg – 0,5 kg = 1,5 kg.
    Jadi, sisa gula pasir Ibu adalah 1,5 kg.

  3. Sebuah taman berbentuk persegi panjang memiliki panjang 15 meter dan lebar 10 meter.
    a. Berapakah keliling taman tersebut?
    b. Berapakah luas taman tersebut?
    Jawaban:
    a. Keliling taman = 2 x (panjang + lebar)
    Keliling taman = 2 x (15 m + 10 m)
    Keliling taman = 2 x 25 m
    Keliling taman = 50 meter.
    b. Luas taman = panjang x lebar
    Luas taman = 15 m x 10 m
    Luas taman = 150 meter persegi.

  4. Ayah berangkat kerja pukul 07.00 pagi dan tiba di kantor pukul 07.45 pagi. Berapa lama waktu yang dihabiskan Ayah untuk sampai ke kantor?
    Jawaban:
    Waktu tiba di kantor: 07.45
    Waktu berangkat kerja: 07.00
    Lama perjalanan = 07.45 – 07.00 = 45 menit.
    Jadi, Ayah menghabiskan waktu 45 menit untuk sampai ke kantor.

  5. Perhatikan tabel berikut yang menunjukkan jumlah buku di perpustakaan sekolah:

    Jenis Buku Jumlah
    Cerita 45
    Pelajaran 60
    Komik 30
    Pengetahuan 50

    a. Buku jenis apakah yang paling banyak jumlahnya?
    b. Berapa selisih jumlah buku pelajaran dengan buku komik?
    Jawaban:
    a. Buku pelajaran adalah jenis buku yang paling banyak jumlahnya (60 buah).
    b. Selisih jumlah buku pelajaran dengan buku komik = Jumlah buku pelajaran – Jumlah buku komik
    Selisih = 60 – 30 = 30.
    Jadi, selisihnya adalah 30 buah.

>

Tips Tambahan untuk Persiapan UTS:

  • Pahami Konsep: Jangan hanya menghafal rumus. Usahakan untuk benar-benar memahami konsep di balik setiap materi. Misalnya, mengapa keliling dihitung dengan menjumlahkan semua sisi atau mengapa luas persegi panjang dikalikan panjang dengan lebar.
  • Latihan Rutin: Kerjakan soal-soal latihan secara rutin, tidak hanya menjelang UTS. Semakin sering berlatih, semakin terbiasa siswa dengan berbagai tipe soal.
  • Baca Soal dengan Teliti: Pastikan siswa membaca setiap soal dengan cermat dan memahami apa yang diminta. Kesalahan seringkali terjadi karena salah membaca instruksi atau soal.
  • Perhatikan Satuan: Dalam soal pengukuran, sangat penting untuk memperhatikan dan menggunakan satuan yang tepat. Pastikan siswa tahu cara mengubah antar satuan.
  • Gunakan Alat Bantu: Untuk soal-soal yang memerlukan visualisasi, seperti bangun datar, menggambar sketsa sederhana dapat sangat membantu.
  • Diskusi: Jika ada materi atau soal yang sulit, jangan ragu untuk bertanya kepada guru, orang tua, atau teman. Diskusi dapat membuka wawasan baru.
  • Istirahat Cukup: Menjelang hari ujian, pastikan siswa mendapatkan istirahat yang cukup agar kondisi fisik dan mental prima.

Dengan persiapan yang matang dan latihan yang konsisten, siswa kelas 4 SD/MI dapat menghadapi UTS Matematika semester 2 dengan percaya diri dan meraih hasil yang optimal. Semoga contoh soal dan tips ini bermanfaat!

>

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like these